BUKU

Minggu, 09 Mei 2021

2 Kue Yang Wajib Ada Ketika Lebaran

 


Hari-hari menjelang Lebaran, nih! Udah pada bikin apa aja di rumah kalian? Duh, inget waktu kecil jadinya. Dulu, meski minim peralatan baking, tapi hari-hari menjelang Idul Fitri, biasanya Mama juga sibuk bebikinan kue dan makanan lainnya. Masih teringat betul bagaimana serunya membuat biji ketapang dan kripik bawang dengan pelatan manual semua loh. Kebayang kan, ngadon berkilo-kilo dengan tangan saja? Hihi, meski begitu, menjalaninya tetap senang. Semua keriweuhan itu jadi kenangan manis ketika kita dewasa dan jauh dari rumah, iya ngga sih?

 

Untuk menyambut hari raya, biasanya kita sudah prepare heboh dari mulai kue, pakaian sampai lembarang uang kertas baru buat dibagikan terutama untuk para ponakan atau saudara yang lain. Tul, ngga?

 

Karena sekarang hidup di tanah rantau, beberapa kebiasaan menyambut Idul Fitri tentu ngga selengkap biasanya. Terlebih, suasana masih pandemi juga, loh. Malah ya, tahun kemarin itu, Idul Fitri di Riyadh benar-benar ngga bisa kemana-mana. Sholat Id di rumah, kemudian ya merayakan lebaran di rumah masing-masing. Ngga ada acara ke tetangga, karena adanya aturan dan denda yang berlaku jika melanggar. So, masak sendiri, dimakan juga sendiri. Hihihi, tahun penuh keprihatinan banget rasanya.

 

Jumat, 07 Mei 2021

Rutinitas Saat Menunggu Buka Puasa

 


Sore hari menjadi waktu yang riweuh untuk saya. Karena biasanya  setelah ashar sekitar pukul empat sore, saya baru beranjak ke dapur untuk mempersiapkan menu berbuka. Suami dan anak biasa mengerjakan pekerjaan rumah yang lainnya. Mereka berbagi tugas merapikan rumah atau melakukan hal lainnya.  Terkadang, para bocil juga sibuk ingin membantu membuat ini itu ketika melihat saya mengolah kudapan.

 

Setelah olahan untuk berbuka selesai. Kami biasa duduk melingkar menunggu adzan berkumandang. Nah, sambil menunggu waktu berbuka, duo bocil biasa menghafal doa atau surah pendek dengan bimbingan suami. Lalu beberapa menit mendekati adzan kami akan berdoa khusyuk dan begitu panjang. Karena menjelang berbuka puasa merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Maka kesempatan ini pun tidak kami lewatkan begitu saja. Dan doa agar wabah virus ini segera berakhir, sudah pasti tidak pernah terlewat.

 

Selain hal di atas, hal lain yang biasa kami lakukan yaitu dengan membaca al-quran agar target khatam di bulan Ramadan ini dapat terwujud. Semuanya tentu tidak berjalan dengan rapi dan mulus, karena kenyataanya akan banyak iklan ini itu dari duo bocil :D

 

Kamis, 06 Mei 2021

3 Menu Favorit Untuk Sahur

 


Sahur merupakan waktu special dan juga butuh perjuangan. Terutama untuk buibu, dimana dalam waktu ini, segenap jiwa raganya diharapkan mampu menyajikan makanan yang membuat orang- orang rumah bisa lahap. Karena, makan di waktu menjelang subuh dengan mata yang kadang masih menggantuk rasanya tentu berat. Apalagi jika ada bocil yang ikut belajar puasa. Tentu mereka biasannya memiliki request khusus agar sahur menjadi lebih semangat.

 

Nah, sebagai orang Indonesia tulen, kami tetap mengkonsumsi nasi, ya.😅 Meski sedikit. Pokoknya, nasi jangan sampai ketinggalan, deh. Untuk lauknya, saya memanaskan atau masak kilat jelang sahur. Selain biar fresh, saya juga penganut makan yang masih hangat. Tentunya, itu kalau tidak kesiangan. Hahaha. Tapi sejauh ini Alhamdulillah, ngga kesiangan, hanya mepet aja beberapa kali. Wkwk.

 

Berikut 3 menu makanan favorit untuk sahur versi keluarga kami: