BUKU

Kamis, 06 Mei 2021

Menu Andalan Untuk Berbuka Puasa

 

 


Ada sesuatu yang menarik ketika menjelang Ramadan kemarin. Jadi, sekitar dua atau sehari menjelang Ramadan, saya nyasar ke sebuah akun di Instagram seseorang ibu yang membagikan kesehariannya. Dalam postingan tersebut, ia sedang membuat berbagai menu(lauk) juga beberapa kudapan yang kemudian akan di simpan dalam freezer. Rupanya, semua menu itu sengaja dibuatnya untuk sayue selama tarawih. Sdar betul bahwa masak mungkin memang memberatkan, jadi ibu terebut sengaja membuat menu dalam bentuk frozen. Jadi saat sahur atau berbuka kita gtungga masak sayur dan nasi nya saja.

 

Berdasarkan hal itu, maka meski waktu yang tersisa tinggal hitungan han saja. Jadilah saya pun membuat beberapa menu kemudian menyimpannya dalam laci. Alhasil, dua pekan pertama, stok lauk untuk sahur dan buka terbilang aman, Alhamdulillah.

 

Diantara menu yang berhasil saya persiapkan dalam bentuk frozen yaitu: ayam ungkep, daging dendeng, sambosa, tahu bacem, dan kentang mustofa. Semua dikemas untuk sekali saji, jadi jika akan berbuka atau sahur saya tinggal mengeluarkan satu kemasan untuk dipanaskan atau digoreng sebentar.

 

Kali ini, saya akan berbagi resep sambosa saja, ya. BTW, ini juga kali pertama saya membuat sambosa , loh. Awalnya, ketika belanja untuk stok keperluan Ramadan, saya menemukan display kulit sambosa begitu banyak di swalayan. Saya pun tertarik. Maklumlah, tahun kemarin kan puasa dalam masa aturan ketat sehingga saya ngga bisa pergi belanja. Jadi, baru kali ini saya melihat kulit sambosa limpah ruah, hehe. Norak, ya.

 

Saya mendapat resep yang sesuai dengan lidah keluarga tentunya. Karena, saya pernah membeli edisi frozen di swalayan, lebih cenderung asin dan terlalu penuh rempah rasanya. Jadi kurang nyaman bagi lidah saya. Xixixi

 

Berikut resep sambosa yang jadi andalan sebagai sajian takjil di keluarga kami:

Btw, kulitnya saya pakai kulit jadi, jadi saya tulis bahan isiannya saja, ya.


Dokpri seadanya yang masih tersimpan, agak burem :D


Sambosa Ayam (sumber menu dari cookpad @Arina Ulfa Faiza)


Bahan isian:

700 gr ayam cincang

5 buah bawang Bombay

3 siung bawang putih

1 genggam daun bawang

1 sdt garam

1 sdm gula

1 sdt lada bubuk

2 sdm bubuk kari instan

 

Cara Membuat:

Tumis bawang putih cincang, masukan bawang bombay yang sudah dipotong dadu, kemudian masukan ayam cincang, masukan gula, garam, lada dan bubuk kari. Tidak perlu menambahkan air karena ayam akan mengeluarkan sedikit air. Masak hingga cairan sat. Matikan kompor, masukan daun bawang, aduk sebentar. Tunggu isian dingin baru bisa dibungkus dengan kulit yang sudah disediakan.

 

Bisa langsung digoreng atau disimpan dalam freezer sebagai stok. Saya membungkusnya dalam satu porsi berisi 8 potong untuk sekali saji. Jadi ketika akan berbuka, saya cukup mengeluarkan satu porsi saja dan siap untuk menggorengnya. Ketika saya buat kemarin awet sampai seminggu lebih. Bisa dicoba di rumah, loh. Enyaak 😋😋



#BPNRAMADAN2021

#BLOGGERPEREMPUAN

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar