BUKU

Selasa, 27 April 2021

Bahasa Yang Ingin Dikuasai

 


Baru saya sadari, betapa pentingnya mempelajari bahasa asing ketika saya sudah merantau di sini. Huhuhu. Dulu itu kebanyakan mikirin apa ya, sepertinya hidup ini terasa polos banget sampai ndak mikir untuk ingin belajar bahasa ini itu. Wkwkw.

 

Terasa asing banget, ketika kita tinggal di suatu tempat namun kita ngga ngerti orang-orang di sekitar kita ngomong apa.  Saking merasa horornya, suatu ketika saya dalam  perjalanan menuju kota Madinah, tepatnya ketika antri di toilet. Dimana semua yang antri disana bicara dengan bahasa yang saya ngga pahami. Waduuuh, saya merasa horor banget. Wkwk. Sebagian para perempuan yang antri itu mungkin ada orang Arab, Pakistan, Bangladesh, Turki dan sebagainya yang mana saya sendiri sulit membedakan secara cepat. Ya minimal nebak-nebak sih, oh itu orang Arab sepertinya, yang ini Bagladesh kayaknya. LOL.

 

Dulu, semasa kuliah, salah satu pelajaran favorit saya adalah presentasi dalam bahasa Inggris. Jujur, rasanya memang sangat happy ketika bisa cas cis cus tanpa berpikir struktur kata ini benar tidak ya. Dosen mata kuliah saat itu, Mr, Indra Muis apalagi tipe dosen yang menyenangkan dan selalu membuat suasana di kelas jadi hidup, semangat belajar saya kalau mau presentasi pasti meningkat. Beliau pun mengapresiasi ketika beberapa kali saya melakukan presentasi di depan kelas. Ah, sungguh momen yang saya rindukan. Ngomong di depan banyak orang dengan bahasa asing. Keliatan keren ngga, sih? Pastinya! 😎

 

Sayangnya, saya mulai jenuh kalau harus mempelajari struktur bahasa Inggris. Sudah mana dosennya bawel tapi lucu sih, xixixi, tapi tetap merasa njlimet kalau harus membahas grammar dan sebagainya. Ya, kekurang tahuan saya dahulu mungkin karena merasa bahasa tidak terlalu penting. Harusnya dulu saya bisa mengambil kursus, biar bisa cas cis cus yaaa. Duuuh, menyesal aing!

 

Saat ini, ketika mendapat kesempatan merantau di Riyadh, saya pun masih mencari cara untuk bisa mempelajari bahasa Arab. Terutama untuk percakapan sehari-hari. Saya ingin mencari kursus yang intens untuk bisa mempelajarinya. Meski memang, untuk bahasa ini tidak bisa dalam waktu sekejap. Tapi bismillah, memang harus ada niat kuat dulu minimal.

 

Di sisi lain, saya melihat suami termasuk seorang yang senang mempelajari bahasa. Dan Alhamdulillah, beliau juga bisa lah bercakap dengan beberapa bahasa. Inggris, Arab dan sedikit  Jerman. So, kadang saya agak iri sendiri jika suami sudah cas cis cus dengan bahasa-bahasa tersebut. Duh, berasa ingin mengulang waktu dan ingin belajar banyak bahasa.


Belum lagi sekarang viral video tentang youtuber yang bisa beberapa bahasa asing. Dengan kemampuannya tersebut dia bisa berbincang banyak hal dengan berbagai orang di belahan dunia. Yup, siapa yang tidak kenal Fiki Naki yang viral karena ceritanya tentang Dayana. Hihihi. Dan teryata Fiki mempelajari bahasa secara otodidak. Patut dicontoh banget ini semangatnya yang ngga pernah jenuh mempelajari bahasa asing.


So, mempelajari bahasa Arab adalah salah satu yang ingin saya pelajari dalam waktu dekat ini. Dan tentu bahasa Inggris juga harus banyak diasah biar ga makin tumpul. Untuk Korea, meski suka menonton dramanya, ntar aja lah dulu. Toh belum ada rencana juga buat ketemu Park Seo Joon atau Han Ji Pyeong. Haha.

 

Semoga bertemu jalannya untuk bisa mahir berbahasa Arab. Kalau memungkinkan ingin ikut langsung kursusnya.  Tentu hal ini terasa lebih menyenangkan. Namun kondisi di Riyadh saat ini juga belum terbilang aman, karena virus masih bertebaran. Jadi mungkin, perlu usaha khusus untuk belajar otodidak melalui dunia maya, dan terpikir untuk membuat kamus mandiri sekedar percakapan yang biasa dipakai di tempat umum. Ya, siapa lagi yang ngajarin kalau bukan suami. Manfaatkan sumber daya yang terdekat dan gratis dulu. Bayarnya pake cinta dan sayang juga sepiring menu kesukaan. Hahahaha. Tapi, semoga yang gratisan ini ngga malah bikin males dan tidak konsisten nantinya. Memang, harus diagendakan biar tercapai goalnya. Semoga aja. Semangatt! 

Kalau kalian, ingin mempelajari bahasa apa? Ada yang samaan mungkin? Yuk, sharing!

 

#BPNRAMADAN2021

#BLOGGERPEREMPUAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar