BUKU

Jumat, 30 April 2021

Lakukan 5 Kegiatan Ini Dijamin Liburmu Terasa Bahagia!

 



Libur, enaknya, ngapain, ya??

Bagi buibu rumah tangga keren kek saya ini, waktu libur itu sebenarnya ngga sepenuhnya libur juga , sih. Haha. Karena ketika suami dan anak libur dari aktivitas kerja dan sekolah, saya tetap melaksankan aktivitas rutin di rumah.  Namun, jika libur  tiba, kami sepakat berbagi tugas tentunya. Kalau tidak begitu, saya bisa uring-uringan jadinya. Berasa letih jiwa raga. *lebay :D

 

Saya mungkin bukan ibu dengan kekuatan seluas samudra, dimana kadang rasa letih, jenuh dan bosan sering kali melanda jiwa. Kalau sudah demikian, uring-uringan sudah pasti muncul tak terduga. Maka saya, harus bisa menyadari juga kalau alarm diri berbunyi. Saya lebih memilih rumah dengan benda berserakan dimana-mana daripada harus memaksakan diri membersihkan hal tersebut. Ada yang samaan? Atau saya aja, ya? :D

 

Maka jika weekend tiba, saya juga belajar untuk menyambut hari dengan lebih santai. Berikut kegiatan yang biasa saya lakukan saat weekend atau hari libur tiba:



  • Bangun lebih siang

Setelah subuhan, membaca Al-Qur’an atau dzikir pagi, biasanya kami rebahan lagi. Apalagi budaya masyarakat di Riyadh ini juga demikian. Suasana pagi hari yang lebih sering terlihat sunyi, apalagi saat weekend tiba. Biasanya masyarakat justru baru jeluar rumah ketika sore menjelang malam, entah untuk berbelanja pekanan atau sekedar jalan-jalan.


Jika hari libur tiba, saya juga memilih untuk memulai aktivitas lebih siang. Rebahan pagi sambil ngulet itu, nikmaaat , loh. Haha. 


  •    Sarapan favorit

Beberapa waktu lalu, kami membuat kebiasaan baru. Sarapan dengan menu favorit setiap weekend tiba. Apakah menunya? Apalagi kalau bukan menu kebangsaan di tanah air, yakni Indomie selera ku. (bukan iklan, ya) Haha. Serius, ini menu special kami ketika libur weekend tiba. Sampai anak saya selalu antusias ketika malam sebelumnya, lantaran dia sudah hafal jika besok jadwal makan mie instan. Hehe. Agak kurang baik mungkin ya, bagi sebagian orang. Buat kami, yaaaa, yaudahlah, seminggu sekali ini. Wkwk.

 


  • Berbagi tugas

Seperti yang saya ulas diawal. Saya bisa jadi uring-uringan kalau sudah merasa lelah jiwa raga. Maka libur membuat kami belajar untuk berbagi tugas. Para bocil beberes kamar dan mainan. Suami sigap mencuci piring dan mengumpulkan baju kotor ke mesin untuk dicuci, bahkan sering juga sampai menjemur :D. Saya?? Seperti biasa, menyiapkan menu untuk makan siang tentunya. Sesekali, saya juga request minta para lelaki di rumah ini untuk gantian masak. 



  • Libur masak

Hari libur juga membuat saya terkadang ingin rehat dari dunia perdapuran. Bosen ngga bosen nggak? Ya pasti ada bosan dan jenuhnya bagi saya jika mengulangi rutinitas yang sama setiap hari. Maka libur adalah saat yang pas untuk mengajukan libur masak juga. Ngga sering sih tentunya. Karena lagi-lagi, kebanyakan beli makan di luar itu boros, dan sebagai buibu keren yang perhitungan macam saya ini, tentu ini ngga baik untuk kesehatan kantong keluarga. Hahaha. Untuk membeli makan di luar, paling tidak biasa disiasati. Jika makan siang beli, maka untuk menu malam ya olah sendiri. Yang terpenting ada nasi dan telur ceplok, itu saja anak-anak sudah lahap, Alhamdulillah J

 


  • Jalan

Nah ini bagian terpenting juga bagi saya. Libur sudah pasti sebisanya meluangkan waktu untuk menghirup udara di luar. Sejak merantau di Riyadh ini dan sejak corona melanda. Saya menjadi makhluk yang semakin jarang ke luar rumah. Agenda jalan sore yang kami lakukan ya semata-mata agar para bocil juga tidak jenuh di dalam rumah terus. Sudahlah di dalam rumah terus, bertemu teman untuk main juga tidak. OMG, kebayang kan jenuhnya hari-hari?

 

So, jika libur tiba, saya biasa minta jalan dengan jarak agak jauh. Sesekali mampir ke toko buku, numpang ngadem dan membelinya satu, atau kalau tidak, melipir ke toko donat favorit anak-anak sembari duduk manis tentunya. Biasanya hal ini saya lakukan sore sebelum malam. Karena pada jam itu, keadaan relatif sepi. Masyarakat Riyadh lebih senang keluar rumah ketika malam. Maka, malam biasanya tempat umum juga ramai sekali. Uh, masih pandemi gini, terlalu khawatir saya kalau keluar dengan keadaan orang yang terlalu ramai. Tapiii jika hari liburnya agak panjang, tentu saya memilih bepergian ke luar kota atau tempat wisata yang agak jauh. Ya tergentung sikon dan dana lagi intinya. :D 

 

 

Itulah lima hal yang biasa saya lakukan ketika libur tiba. Yang sederhana saja, yang penting jiwa raga jadi segar kembali. Kalau kalian, biasanya ngapain  aja?

 

#BPN RAMADAN 2021

#BLOGGER PEREMPUAN

4 komentar: